Cara Cepat Tumbuhkan Kaktus Astrophytum dan Suguaro

Kaktus memang terkenal dengan pertumbuhannya yang super lambat. Untuk bisa mencapai ukuran 5 cm saja, jenis kaktus astrophytum butuh waktu 4-5 tahun. Jenis kaktus saguaro malah butuh wktu 10 tahun untuk bisa mencapai ukuran 12 cm. Secara alamiah, cephalocereus tertentu butuh waktu 200 tahun untuk bisa capai ukuran 13 meter. Nah lo, kebayang kan lamanya. Oleh karena itu, perlu cara cepat tumbuhkan kaktus astrophytum dan suguaro supaya keindahannya segera dinikmati.
Cara Cepat Tumbuhkan Kaktus Astrophytum dan Suguaro
Astrophytum jadi cepat berbunga
Faktor genetik memang menjadi salah satu faktor lambatnya pertumbuhan kaktus. Faktor lainnya iklim yang tidak sesuai sehingga memperlambat pertumbuhannya. Mempelajari kehidupan kaktus di gurun, ia butuh lingkungan ekstrim untuk tumbuh normal. Dengan memanipulasi lingkungan tempat tumbuh yang seperti gurun, ada kemungkinan kaktus bisa tumbuh normal, bahkan lebih cepat.

Cara cepat tumbuhkan kaktus Astrophytum dan Suguaro yaitu dengan menempatkan pada rumah taman yang ruangannya dibuat pendek dan tertutup 100%. Bentuk rumah tanam sederhana, hanya berupa bangunan konstruksi kayu berbentuk segitiga memanjang. Bagian luar dilapisi plastik UV dari atas hingga bawah. Untuk jalan masuknya dibuat pintu di salah satu sisinya. Tinggi rumah tanam sekitar 2 m dan lebar terluarnya 2 m. Di bagian dalam diletakkan deretan kaktus yang langsung ditanam ke dalam tanah.

Saat siang hari, suhu di dalam rumah tanam bisa mencapai 55-60 derajat Celcius. Suhu yang tinggi ini karena tak ada ventilasi dan sirkulasi udara. Pada malam hari, suhunya bisa sangat rendah. Fluktuasi suhu bisa mencapai 30 derajat Celcius. Dengan perbedaan suhu yang ekstrim tersebut, pertumbuhan kaktus akan terangsang. Penyiraman sebaiknya hanya 1-2 kali seminggu tergantung kondisi. Bila media tanam sudah terlihat benar-benar kering, saatnya disiram. Dengan perlakuan seperti ini akan terpacu pertumbuhannya dan bisa merangsang pembungaan.

Hasil dari cara cepat tumbuhkan kaktus astrophytum dan suguaro telah dibuktikan oleh hobiis kaktus di Lembang. Kaktus Astrophytum sp yang baru seukuran 1/3 dari ukuran dewasanya telah berbunga. Jenis kaktus lainnya yang telah diberi perlakuan tersebut malah memiliki pertumbuhan yang cepat. Ada pertambahan diameter batang 100% hanya dalam waktu kurang 1 tahun yang bila diberi perlakuan biasanya butuh waktu sekitar 9 tahun lamanya.