Khasiat Rempah-rempah Untuk Tubuh

Rempah-rempah tak hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan atau membuat cita rasa masakan menjadi lezat saja, tapi juga berkhasiat sebagai bahan pengawet dan obat-obatan. Khasiat rempah-rempah untuk tubuh kita sangat banyak, misalnya saja; memasok vitamin dan mineral, antibiotik, antiseptik, mengobati aneka penyakit dalam, memperlancar proses berbagai macam metabolisme di dalam tubuh, perangsang gairah seksual (afrodisiak), dll. Hampir semua jenis rempah-rempah memiliki khasiat tersebut, misalnya saja; bawang putih, lada, cengkih, pala, kayu manis, cabe, dll. Dengan perpaduan beberapa bahan rempah-rempah, khasiat untuk mengobati penyakit tertentu akan semakin kuat dan manjur.

Peran rempah-rempah sebagai bahan pengawet berkat adanya komponen senyawa-senyawa aktif yang berfungsi sebagai bakterisida  atau antibiotika. Pada awalnya, pemakaian rempah-rempah tidak ditujukan sebagai sumber gizi dan nutrisi. Rempah-rempah banyak dipakai sebagai bahan pengawet dan pengharum. Namun, ternyata, rempah mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup. Misalnya saja, vitamin A dan vitamin C banyak terkandung dalam rempah-rempah. Di dalam rempah-rempah itu ternyata terkandung juga bermacam-macam mineral seperti fosfor, kalsium, natrium, dll. 
Khasiat Rempah-rempah Untuk Tubuh
Bawang merah dan bawang putih, penyedap masakan sekaligus berkhasiat obat

Selain menyediakan vitamin dan mineral, khasiat rempah-rempah untuk tubuh juga sangat banyak. Terutama untuk membunuh bakteri-bakteri berbahaya di dalam perut, mengatasi aneka penyakit, dan juga mengatasi gangguan-gangguan yang terjadi di dalam tubuh. Misalnya saja, jahe bisa mengatasi kembung, melancarkan sistem pencernaan, dan menambah gairah seksual (afrodisiak). Cengkih bermanfaat sebagai antiseptik, antibiotik, dan pencahar pada pengobatan gigi. Kayu manis berkhasiat mengobati perut kembung, disentri, gangguan pencernaan, dan sakit liver.

Seluruh bagian tanaman bawang terbukti kaya khasiat, antara lain; merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, anti lesu, menunjang pengobatan diabetes, pencegah penyumbatan pembulh darah, memasok mineral selenium, bersifat antioksidan, menetralkan racun-racun dalam tubuh, antikanker, obat kembung, membantu penyerapan makanan di dalam usus, antibiotik dan antiseptik. Minyak bawang putih mampu mengobati TBC, rematik, kemandulan, dan impotensi. Jus bawang putih berkhasiat sebagai obat tetes dan obat kulit. Daun bawang putih mampu mengobatai sakit asma.

Bawang merah juga berkhasiat untuk pengobatan, misalnya saja; mengobati sakit kepala, mengurangi dahak, meningkatkan rangsangan seksual, menawarkan racun bisa ular, dan melancarkan pembuangan air seni. Bila bawang merah dicampur dengan lada, lalu dipanaskan dengan sinar matahari mampu menurunkan sakit demam. Khasiat rempah-rempah untuk tubuh memang sangat kaya. Tak hanya membuat lezat masakan saja, tapi menyehatkan tubuh juga.