Khasiat Bayam (Amaranthus sp.)

Khasiat bayam (Amaranthus sp.) yang telah terbukti manjur, antara lain; penambah air susu ibu, memudahkan kentut karena kembung (karmintatif), memudahkan kencing (diuretik), menghilangkan pusing karena kurang darah atau setelah berolahraga, atasi bronkitis dan gangguan pernapasan, atasi penyakit kudis pada anak-anak. Selain enak dikonsumsi sebagai makanan, ternyata khasiatnya sangat diandalkan.

Deskripsi tanaman
Bayam (Amaranthus sp) memiliki banyak jenis dan varietas. Mulai dari yang tumbuh liar di pinggir jalan yang dikenal sebagai bayam duri sampai dengan bayam merah yang bisa disayur sekaligus sebagai tanaman hias. Bayam sayur bertekstur lunak sehingga bisa diolah menjadi aneka masakan. Bayam putih atau bayam daun lebar sangat enak dibuat keripik. Menanam bayam sangat mudah, tinggal menebarkan biji-biji di atas tanah. Tak lama kemudian akan tumbuh tanaman bayam.
Khasiat Bayam (Amaranthus sp.)
Bayam cabut yang enak disayur
Khasiat bayam (Amaranthus sp.)
1. Untuk menambah air susu ibu, mengeluarkan angin, dan memudahkan kencing
Ambil daun bayam secukupnya, rebus dengan temu kunci sedikit saja, tambahkan jagung muda, garam secukupnya saja. Ramuan tersebut memang menjadi sayur. Konsumsi sayuran ini secara rutin selama ibu-ibu sedang menyusui.

2. Untuk melenyapkan pusing karena kurang darah atau setelah olah raga
Ambil segenggam daun bayam segar, lalu dihaluskan, dan selanjutnya diperas. Air perasan ini dicampur dengan sebutir telur ayam kampung, lalu diminum. Lakukan konsumsi ramuan ini secara teratur.


3. Untuk mengobati penyakit bronkitis dan gangguan pernapasan
Ambil beberapa helai daun bayam duri, lalu bersihkan, selanjutnya ditumbuk sampai halus. Halusan daun bayam ini direbus dengan air secukupnya saja selama kurang lebih 25 menit. Selanjutnya tinggal disaring. Setelah air rebusan ini terasa hangat-hangat kuku, minumlah air rebusan bayam ini sampai habis. Lakukan secara rutin sampai sembuh dari penyakit bronkitis dan gangguan pernapasan. Khasiat bayam (Amaranthus sp.) akan cepat terasa setelah beberapa kali konsumsi saja.

4. Untuk mengobati penyakit kudis di kepala anak-anak
Ambil 30 lembar daun bayam duri yang masih segar dan hijau, lalu direbus dengan 3 gelas air serta tambahkan sedikit garam sampai mendidih. Selanjutnya didinginkan. Minum air rebusan ini kepada si anak sebanyak 1 gelas sehari. Lakukan rutin tiap hari dan selalu buat rebusan baru.

Itulah 4 khasiat bayam (Amaranthus sp.) yang bisa diberikan kali ini. Masih banyak lagi khasiat lainnya untuk mengobati berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan tubuh kita. Selalu menyediakan tanaman ini di pekarangan Anda sangat bagus karena bisa dipakai sebagai bahan aneka masakan sekaligus juga obat. Baca juga Khasiat Kangkung (Ipomoea asiatica).