Khasiat Tanaman Srikaya (Anonna squamosa)

Buah srikaya enak dibuat minuman segar atau langsung dikonsumsi segar. Kaya kandungan vitamin dan mineral. Namun, tahukan Anda kalau biji dan daun tanaman ini berkhasiat obat? Ya, khasiat tanaman srikaya (Anonna squamosa) tak hanya buahnya saja, bagian-bagian lainnya seperti daun, biji, kulit pohon, dan akarnya bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit. Apa sajakah itu?

Deskripsi tanaman
Sosok tanaman pohon kecil, daun tunggal berselang seling. Bunga dan buah muncul di cabang. Ukuran buah sekepal tangan orang dewasa, buah mengandung biji dalam jumlah yang banyak. Biji berwarna hitam, bentuk mirip biji sawo. Ia satu marga dengan sirsak. Saat buah matang akan tampak pecah dan bagian daging buahnya yang berwarna putih akan terlihat. Banyak ditanam di pekarangan-pekarangan rumah sebagai tanaman hias.
Khasiat Tanaman Srikaya (Anonna squamosa)
Buah srikaya yang enak dikonsumsi segar atau dibuat jus
Khasiat tanaman srikaya (Anonna squamosa)
1. Untuk obat sakit perut
Caranya: Ambil beberapa lembar daun srikaya, cuci bersih, lalu diremas-remas dan campur dengan 3 tetes minyak tanah. Campuran ini tinggal digosok-gosokkan secara merata pada bagian perut yang terasa sakit.

2. Untuk menghilangkan ketombe
Caranya: Ambil biji srikaya dari buah yang sudah matang pohon, lalu tumbuk halus, tambahkan dengan sedikit minyak kelapa. Selanjutnya tinggal digosok-gosokkan secara merata pada kulit kepala. Diamkan selama 1 jam, setelah itu baru dikeramas pakai air bersih.

3. Untuk membasmi kutu rambut
Caranya: Ambil biji srikaya sebanyak 1 cangkir, lalu kupas bijinya, selanjutnya ditumbuk sampai halus, tambahkan dengan daun pandan yang sudah diiris halus. Selanjutnya dimasak bersama 1/2 cangkir minyak kelapa sampai mendidih. Diamkan sampai dingin, setelah itu baru digosok-gosokkan secara merata ke rambut. Lakukan selama 3 hari dan hasilnya bisa langsung terlihat.

Khasiat tanaman srikaya (Anonna squamosa) untuk merawat rambut memang sudah ketinggalan jaman dengan kehadiran produk-produk perawatan rambut yang ada di pasaran. Sekarang, biji srikaya lebih banyak dimanfaatkan sebagai biopestisida yaitu sebagai pembasmi serangga. Hasilnya benar-benar ampuh dan ramah lingkungan. Alangkah baiknya kita kembali ke alam dan bijak memanfaatkan alam.