Jamu Herbal Atasi Anemia atau Kurang Darah

Penyakit kurang darah yaitu suatu kondisi yang kadar hemoglobin atau Hb dalam darah seseorang jumlahnya kurang dari standar normal. Hemoglobin ini adalah pemberi warna merah pada darah yang terdapat di dalam sel-sel darah merah. Penyebabnya macam-macam, antara lain: terjad perdarahan akibat konsumsi obat-obatan, adanya penyakit infeksi, dll. Untuk mengembalikan kadar Hb ini, berikut ini ada resep jamu herbal untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada darah. 
Penderita anemia atau kurang darah akan menampakkan gejala-gejala sebagai berikut: wajah tampak pucat, badan lemah, lesu, cepat lelah bila bekerja atau berpikir, sering pusing kepala, kaki dan tangan sering kebas atau kesemutan. Bila parah, si penderita bisa sampai pingsan. Oleh karena itu segeralah diobati, jangan sampai terlanjur parah.
Jamu Herbal Atasi Anemia atau Kurang Darah
Bayam sangat bagus untuk meningkatkan kadar hemoglobin
Jamu herbal atasi anemia atau kurang darah
1. Ramuan pertama
Bahan-bahan:
  • Daun bayam dipipis, lalu diperas, saring airnya.
  • Telur ayam diambil kuningnya saja sebanyak 2 butir.
  • Madu sebanyak 2 sendok makan.
Cara meramu: semua bahan dikopyok di dalam gelas sampai tercampur merata. Minum secara rutin tiap hari.

2. Ramuan kedua
Bahan-bahan:
  • Daun bayam                               3 bagian
  • Akar dan daun tapakliman           1 bagian
  • Akar dlingo                                 1 bagian
Cara meramu: semua bahan-bahan tersebut direbus dengan air secukupnya, boleh ditambahkan dengan madu supaya enak rasanya. Minum rutin tiap hari sebagai pengganti teh.

Bagi penderita anemia atau kurang darah, walau tak nafsu makan, harus diusahakan tetap makan yang cukup setiap harinya. Terutama makanan dari buah-buahan, sayuran, dan daging hati. Makanan bergizi dan seimbang akan sangat lebih bermanfaat dibandingkan dengan obat-obatan apapun. Plus ramuan jamu herbal di atas yang bisa Anda pilih sesuai selera. Baca juga Jamu Herbal Atasi Badan Capai dan Lelah.