Khasiat Sereh (Andropogon nardus)

Tak hanya enak dibuat minuman hangat, tanaman mirip alang-alang ini memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan dan pengobatan. Beberapa khasiat sereh (Andropogon nardus), antara lain; untuk menyuburkan rambut dan menghilangkan ketombe, untuk mengobati keseleo atau terkilir, untuk mengobati penyakit sesa napas, dan melenyapkan suara parau. Sereh biasanya hadir sebagai bumbu pelengkap aneka masakan berbahan daging dan ikan seperti opor, gulai, rica-rica, rendang, dll.

Deskripsi tanaman sereh
Tanaman sereh mirip alang-alan karena daunnya berbentuk pita. Tanaman yang tumbuh berkelompok jadi satu, melingkar, dan terus berkembang. Bagian pangkal tanaman menggelembung. Berakar serabut. Berbau khas aromatik minyak asiri. Kandungan senyawa-senyawa aktif yang masuk dalam kelompok minyak asiri, antara lain: geraniol, citroneal, euganol, sitral, dipenten, kadinen, kadinol, dan limonen. Sereh juga mengandung saponin, flavonoida dan polifenol.
Khasiat Sereh (Andropogon nardus)
Sereh yang menghangatkan badan
Khasiat sereh (Andropogo nardus)
1. Untuk menyuburkan rambut dan menghilangkan ketombe
Ambil daun sereh sebanyak 10 lembar, lalu dibersihkan, selanjutnya direndam selama beberapa jam dengan santan kelapa. Setelah itu oleskan santan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Lakukan berulang kali sesuai dengan keperluan.

2. Untuk mengobati keseleo atau terkilir
Ambil beberapa batang sereh, lalu dikelupas upih daun yang tua sehingga hanya tersisa bagian batang yang berwarna putih dan lunak. Selanjutnya bagian bonggol sereh dimemarkan dengan cara dipukul-pukul. Ambil kapur sirih sedikit dan minyak kelapa, lalu campur dan aduk sampai merata. Balurkan ke sereh yang sudah dimemarkan, lalu dipanaskan sebentar di atas api sampai terasa hangat suam kuku. Setelah itu, gosokkan ke bagian tubuh yang terkilir ke satu arah dengan menggunakan sereh tersebut. Lakukan berulang kali sampai rasa sakit akibat keseleo sembuh dengan cara memanaskan ulang sereh tadi.

3. Untuk mengobati penyakit sesak napas
Ambil 10 batang sereh, lalu dibersihkan, selanjutnya dimemarkan dengan cara dipukul-pukul. Rebus sereh ini dengan 2 gelas air dan gula merah sebesar ibu jari sampai air tersisa 1 gelas. Selanjutnya diangkat dan didinginkan. Malam hari jelang tidur, minum rebus sereh ini. Lakukan sesuai dengan keperluan.

4. Untuk menghilangkan parau suara
Ambil beberapa batang sereh, lalu dibersihkan, selanjutnya dimasak dengan air sebanyak 3 gelas sampai mendidih. Angkat dan dinginkan. Saat jelang akan tidur, minumlah ramuan air sereh tersebut. Lakukan sesuai dengan keperluan.

Wedang sereh jahe memberikan efek menghangatkan tubuh sehingga sangat bagus diminum saat suhu udara dingin. Tak hanya enak dibuat minuman dan membuat sedap aneka masakan daging, khasiat sereh (Andropogon nardus) tak kalah ampuh dan manjurnya. Simak artikel selanjutnya Khasiat Bayam.